wEb sEARch

Jumat, 30 April 2010

Oscar, Kucing Pengendus Kematian






Oscar


Sebenarnya tak ada yang aneh dengan penampilan kucing berwarna putih abu-abu yang diberi nama Oscar the Cat itu, namun Oscar memiliki kemampuan istimewa yang mungkin tak dimiliki kucing lain di dunia, ia mampu mengetahui kapan seseorang akan meninggal.

Selama dua tahun terakhir ini Oscar yang tinggal di sebuah panti jompo di Rhode Island, AS, memiliki kebiasaan aneh, yaitu ia akan duduk di samping tempat tidur penghuni panti beberapa saat sebelum mereka meninggal. Rupanya Oscar bisa mengendus kapan ajal menjemput seseorang satu jam sebelumnya.

Hewan peliharaan, seperti anjing, kucing, atau burung, memang sering dipelihara di panti jompo untuk membuat penghuninya merasa nyaman. Oscar pun sudah dipelihara oleh pengurus panti sejak ia masih kecil, namun siapa sangka jika ia justru memiliki kemampuan yang tak terduga. Kini jika Oscar sudah mondar-mandir di sisi tempat tidur seseorang, artinya orang itu akan meninggal sehingga pengurus panti segera menghubungi keluarga orang tersebut agar segera datang.

"Menurut saya Oscar bukan kucing yang memiliki indera keenam, pasti ada penjelasan biokimia-nya," kata Dr Joan Teno, profesor komunikasi kesehatan dari Brown University. Sementara itu Thomas Graves, ahli hewan peliharaan, mengatakan tidak ada bukti ilmiah kucing bisa mengendus kematian. "Ini adalah hal yang sulit dimengerti, namun kucing dan anjing memang bisa merasakan hal yang tidak bisa dirasakan manusia," katanya.


3 komentar: