wEb sEARch

Minggu, 18 April 2010

Kode Genetika Kucing Berhasil Diungkap




cinnamon
Cinnamon


WASHINGTON, JUMAT - Untuk pertama kalinya, genom atau deret kode DNA seluruh gen kucing peliharaan berhasil dikodekan. Keberhasilan ini memberikan harapan lebih cerah untuk mempelajari penelitian genetika yang ke depannya bermanfaat bagi manusia.

Para peneliti AS mengurutkan kode DNA seekor kucing Abisinia berumur empat tahun bernama Cinnamon yang merupakan keturunan kucing dari Swedia. Cinnamon menjadi kucing rumah pertama yang diidentifikasi genomnya dan menjadi jenis mamalia ketujuh yang berhasil diungkap seluruh kode DNA-nya. Sebelumnya, para peneliti dari berbagai institusi peneltian di dunia telah mengungkap genom manusia, simpanse, tikus kecil, tikus besar, anjing, dan sapi.

Kemiripan antara kucing dan genom enam mamalia lainnya yang berhasil dikodekan lengkap memberi kesempatan kepada ilmuwan untuk mempelajari gen-gen yang mengatur sifat biologi dan perilaku kucing. Setidaknya, dalam laporannya yang dimuat jurnal Genome Research edisi terbaru, mereka berhasil mengidentifikasi 20.285 gen-gen penting yang bermanfaat untuk tubuh kucing.

Informasi genetika kucing juga berguna untuk mempelajari sifat penyakit manusia. Peta genetika kucing memberikan informasi untuk mengembangkan terobosan dalam bidang kedokteran yang berkaitan dengan gen. Inilah alasan utama para peneliti dari National Human Genome Research Institute melakukan proyek yang telah dilakukan sejak 3 tahun lalu.

Disebutkan bahwa kucing peliharaan memiliki lebih dari 250 jenis penyakit turunan yang mirip dengan penyakit genetis pada manusia. Begitu pula dengan mamalia lainnya. Feline imuunodeficiency virus (FIV) pada anjing memiliki sifat genetika yang mirip dengan HIV penyebab AIDS.

Penelitian genetika pada kucing juga berguna untuk mempelajari sejarah gen, analisis forensik, dan evolusi termasuk proses domestifikasi dan adaptasi kucing ke lingkungan manusia. Berdasarkan penelitian sebelumnya dilaporkan bahwa kucing rumah pertama kali hidup berdampingan dengan manusia 10 ribu tahun lalu. Para peneliti juga berhasil melacak asal usul kucing yang muncul pertama kali sekitar 130 ribu tahun lalu.


2 komentar:

  1. genetika kucing tu makanan pa to...???????>..

    BalasHapus
  2. bagus to ya...yg ngungkap pinter bgt ya,,
    kayak ku,,,

    BalasHapus