wEb sEARch

Selasa, 20 April 2010

Induk Kucing Mengasuh Bayi Panda





Kucing mengasuh seekor bayi panda merah

AMSTERDAM, KAMIS - Seekor induk kucing rumahan yang tengah menyusui dengan tangan terbuka mengasuh bayi panda merah malang yang ditinggalkan induknya. Kucing milik petugas kebun Binatang Artis, Belanda, tersebut mungkin menganggap bayi panda tersebut seperti anak-anaknya.


Kucing mengasuh seekor bayi panda merah

Panda merah tersebut adalah salah satu dari dua ekor anak panda yang lahir pada 30 Juni 2008. Mereka telantar karena induk panda enggan mengasuh, bahkan memusuhi mereka. "Mereka dibiarkan di udara yang dingin," ujar petugas kebun binatang, Bart Kret.

Untuk menyelamatkan bayi-bayi panda tersebut, petugas pun menempatkannya ke dalam inkubator. Sayang, seekor di antaranya terlalu lemah hingga akhirnya mati. Beruntung, bayi panda lainnya kini telah mendapatkan induk angkat sehingga punya peluang hidup lebih besar.

Meski lahir tiga hari lebih dulu, ukuran bayi panda lebih kecil daripada anak-anak kucing. Bart Kret mengatakan, biasanya anak panda menyusu selama tiga bulan sebelum mulai memakan bambu dan buah-buahan.

Panda merah (Ailurus fulgens) merupakan jenis satwa langka yang hidup alami di China, Butan, Nepal, India, dan Burma. Meski namanya panda, tapi panda merah ini sangat berbeda dengan panda raksasa yang merupakan maskot China. Hewan tersebut memiliki ciri khas berupa garis-garis di ekornya, mirip seekor racoon.


2 komentar:

  1. wagh baek bgt ea tu kucingna...
    lo panda na nangis tyus pa ya disusui ya ma kucing na....

    BalasHapus